' Air Dingin Setelah Olah Raga |

Air Dingin Setelah Olah Raga

Air Dingin Setelah Olah Raga memang memiliki beberapa manfaat, lebih baik jika tidak menggunakan air hangat. Baru baru ini penelitian menunjukkan jika mandi menggunakan air dingin dapat mengurangi nyeri otot setelah berolahraga.


Penemuan ini membantah pendapat ilmuwan yang menyatakan bahwa mandi dengan air dingin dapat menegangkan otot-otot tubuh dan dianggap berbahaya.

Dalam membuktikannya, peneliti melakukan peninjauan secara klinis 17 uji coba mandi air dingin dengan melibatkan 366 orang. Kemuadian, diamati apakah mandi air dingin dapat mengistirahatkan otot atau justru malah menegangkan otot.

Peserta diminta untuk berendam ataupun mandi pada bak yang berisi air dingin setelah mereka diminta untuk olahraga. Rata-rata peserta menghabiskan 5-24 menit di dalam air dengan suhu 50-54 derajat fahrenheit.

"Kami menemukan beberapa bukti bahwa mandi dengan air dingin setelah berolahraga dapat mengurangi rasa nyeri otot, tapi hanya dibandingkan dengan mengistirahatkan otot saja atau tidak melakukan apa-apa," papar pimpinan penelitian, Dr Chris Bleakley dari University of Ulster, yang dilansir melalui BBC pada Kamis 16 februari kemarin.

Meskipun begitu, peneliti belum menemukan efek samping jika mandi di dalam air dingin secara terus menerus dalam jangka waktu panjang.

"Sangat penting untuk mempertimbangkan bahwa berendam di air dingin dapat mengejutkan suhu tubuh. Kami perlu memastikan bahwa orang tidak melakukan hal yang berbahaya, terutama jika mereka terekspos air yang sangat dingin dalam waktu lama," tambahnya.

Sumber : Innes-ghiboo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar