' Puncak Grebeg Maulud Sekaten Kraton Yogyakarta |

Puncak Grebeg Maulud Sekaten Kraton Yogyakarta

Grebeg Maulud Sekaten Kraton Yogyakarta pada 5 Februari 2012 sekitar pukul 09.00 merupakan acara penutupan sekaten yang telah dimulai tahun lalu, akhir desember 2011. Puncak acara Grebeg Mulud untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW itu, menurut detikNews, Kraton Yogyakarta akan mengeluarkan tujuh buah gunungan.


Gunungan tersebut merupakan simbol kemurahan hati raja kraton Yogyakarta kepada rakyat, ke Tujuh Gunungan tersebut diperebutkan di tiga tempat, lima gunungan diperebutkan di halaman Masjid Besar Kauman, yang letaknya di sebelah barat alun alun utara. Satu Gunungan diperebutkan halaman kompleks Kepatihan yang letaknya di jalan malioboro bagian tengah. Satu gunungan lagi dibawa ke Kadipaten Puro Pakualaman, tentunya yang rute ini melalui km0 kantor pos besar kemudian ke timur.

Tujuh gunungan tersebut terdiri dari 3 (tiga) gunungan kakung, satu gunungan putri, satu gunungan gepak, satu gunungan darat dan satu gunungan pawuhan. Gunungan-gunungan tersebut terbuat dari aneka macam bahan makanan hasil bumi yang meliputi buah dan sayuran.

Jangan lupa untuk datang di Grebeg Maulud Sekaten Kraton Yogyakarta, artikel ini saya ambil dari referensi Agus Kurniawan - detikNews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar